Minggu, 30 November 2014

Ujian Semester Genap will begin

buat sebagian besar sekolah di Indonesia bakal mulai Ujian semester genap hari senin, 1 Desember 2014. awal yang buruk. apalagi, Ujian hari pertama udah Fardhu ‘ain pelajaran Matematika. awal yang buruk. apalagi, kalo soal pertama matematika itu misalnya trigonometri. awal yang buruk. abis itu, gimana kalo baru Cuma ngisi identitas di lembar jawaban, pengawas udah minta buat ngumpulin. awal yang buruk. iya.. awal yang buruk. di tambah lagi kalo.... ah! sudahlah!


dari sekian banyak “awal yang buruk” tadi, udah di prediksi kalo semester ini bakal ancur-ancuran bagi gue. ditambah, sekarang gue udah kelas 3 SMA. semester ini jadi penentu gue bisa ikut SBMPTN atau nggak. gimana gue nggak bilang ini ancur-ancuran? ngeliat buku matematika aja udah kayak ngeliat Regan mcNeil selama 2 jam. apalagi ngeliat Soal Trigonometri. udah kayak ngeliat Buzz Lightyear selama 5 jam non-stop (wait! Buzz Lighyear yang main di film Annabelle itu kan ya?). sudah cukup lucu saya rasa.


OKE!! sekarang soal matematika

ngomongin hari pertama, Kenapa harus Matematika di hari pertama? seharusnya TIK, Seni Budaya, atau Penjaskes yang pertama baru abis itu matematika. atau kalo bisa Ulangan Matematika nggak ada. Merdekaa!! atau paling nggak, ulangan matematika Cuma buat yang mau aja. jadi yang nggak mau, bisa di ganti dengan ulangan TIK, Seni Budaya, atau Penjaskes 2 kali. it’s nothing impossible, right?
matematika ini udah jadi pelajaran yang paling di takuti di seantero dunia bagi yang nggak bisa. dan bahkan, ada juga yang di perguruan tinggi milih jurusan yang nggak ada matematikanya. mungkin juga gue bakal ngelakuin hal yang sama. milih jurusan di perguruan tinggi yang nggak ada matematikanya. Intinya : gue kurang minat di matematika

Dan sekarang gue mulai serius.

oke, ini penting. di setiap ujian semester, sejatinya tidak ada nilai yang di dapat sempurna dengan usaha yang di lakukan. semua hanya soal angka. bisa aja kita dapet nilai bagus tapi nyontek. bisa juga kita mati matian belajar, tapi hasilnya bisa di bilang lumayan jelek. jadi, ujian ini bukan menjadi penentu apa yang kita dapatkan setiap enam bulan, di telan dengan sempurna. tapi, belajar dengan niat “ilmu di dapat”, bukan “high score? I got”.

gue mungkin orang yang nggak terlalu rajin dan enggak terlalu pinter di kelas. bahkan sering kali gue di cibir temen-temen gue karena kebodohan gue. padahal, asal mereka tau aja. gue mau sekolah karena gue belum bisa. dan setiap orang punya kesempatan masing-masing untuk berusaha mencoba. kalo misalnya gagal? mungkin talentanya bukan di situ.

jadi, pesen gue di semester kali ini, belajar aja (terkecuali buat matematika). belajar sesuai kemampuan. jangan bilang “nilai gue anjlok”. tapi “ilmu apa yang gue dapet”

semoga awal ujian semester ini, kita nggak Cuma belajar buat ujian semester aja. buat remidialnya juga. eh, maksudnya, belajar buat ilmu yang sepatutnya kita dapet selama sekolah. dan sekali lagi gue bilang, “jangan Cuma nyari nilai”.


FIGHT! GANBATTE!

3 komentar:

  1. hahahaha aku juga heran ini, kenapa UAS sering menjadi penentu nilai di buku raport ya..

    BalasHapus